google.com, pub-5491574035592832, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Breaking News

Friday, June 29, 2018

Keuntungan Memelihara Domba Dibandingkan Dengan Kambing



Bagi yang hidup di kampung dan memiliki banyak waktu luang, memelihara domba bisa menjadi pilihan untuk menambah penghasilan keluarga. Memelihara domba terbilang lebih mudah dibanding dengan memelihara kambing. Misalnya dalam mencari pakan domba, lebih mudah daripada kambing karena pakan domba tidak perlu apik seperti kambing. Makanan dan penyakit pada domba tak banyak berbeda dengan kambing.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memelihara domba yaitu, kandang, makanan, penyakit, perkawinan dan pembibitannya. Kandang domba hampir sama dengan kandang kambing. Ada yang berkolong dan ada yang tidak berkolong. Pada kandang yang berkolong sebaiknya dibuatkan lubang dibawahnya. Ukurannya cukup untuk menampung kotoran domba dan sisa makanannya. Kotoran itu diambil kalau lubang sudah penuh. Sampah dan kotoran itu dapat digunakan untuk pupuk. Lebih sempurna lagi kalau kandang itu dilengkapi dengan halaman. Ini perlu agar domba itu dapat bebas. Akan tetapi domba jantan dan domba betina harus dipisah, tidak boleh dicampur dalam satu kandang dan sebaiknya kandang domba dibuat berpetak-petak. Domba jantan dan domba betina baru disatukan apabila domba betina itu sudah tiba masa birahinya. Kandang domba sebaiknya selalu dibersihkan dan dombanya dimandikan seminggu sekali agar bulunya tebal dan mengkilap.

Perkawinan Domba

Masa birahi domba betina selang 17 hari. Lama masa birahi itu hanya satu hari. Pada saat itulah domba dikawinkan. Umur domba yang sudah pantas untuk dikawinkan yaitu antara umur 10 sampai 12 bulan.

Keuntungan Memelihara Domba


Tujuan utama memelihara domba tidak lain adalah untuk menghasilkan domba yang gemuk dan sehat agar mendapatkan daging yang banyak dan berkualitas. Tapi tidak hanya mendapatkan daging domba, keuntungan lainnya adalah kulit domba merupakan bahan pakaian yang sangat berguna dan harganya juga mahal. Domba yang sudah tua dipotong dan kulitnya diambil. Kulit domba disamak setelah daging dan bulunya diambil. Cara penyamakkan kulit bergantung pada bahan yang dipakai. Ada kulit yang disamak dengan air tawas, ada yang dengan khrom dan ada pula dengan lemak. Menyamak kulit dengan khrom menghasilkan kulit yang sangat kuat. Kulit yang disamak dengan lemak menghasilkan kulit gosok dan kulit kuat. Kulit sangat banyak kegunaannya. Dari kulit dapat dibuat sepatu, tas, ikat pinggang, jaket dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Designed By Ayo Bertanam