google.com, pub-5491574035592832, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Breaking News

Tuesday, November 1, 2016

Cara Menanam Bayam Secara Sederhana



Pengolahan Tanah

            Tanahnya diusahakan agar gembur dan tidak terlalu lembab. Tanah dicangkul lebih dahulu sampai gembur dan dibentuk menjadi bedengan. Lebar bedengan, umumnya 70 - 100 cm. Di sekeliling bedengan itu dibuat parit yang dapat digunakan untuk mengalirkan air hujan. Parit ini sangat perlu supaya tanah tidak lembab pada waktu hujan. Disamping itu perlu disiapkan tempat untuk penyemaian benih tomat. Untuk itu sebaiknya dibuatkan bak diisi tanah yang subur.

Pembibitan

            Bayam dibibitkan dengan bijinya yang sudah tua. Biji bayam ditebarkan pada tanah yang sudah berbentuk bedengan. Jadi tidak perlu disemai terlebih dahulu. Biji bayam ditebar berbaris. Jarak barisan 20 cm. Barisan biji bayam ditutupi dengan tanah sedikit, dan disirami dengan air sedikit.

Pemupukan

            Setelah 5 hari biji bayam mulai berkecambah. Tanaman bayam yang sudah mencapai tinggi 10 cm. perlu diberi pupuk. Kalau memakai pupuk urea, harus dilarutkan dahulu dalam air. Kemudian pupuk itu disiramkan pada jarak 5 cm dari batang bayam.

            Tanaman yang telah berumur 25 hari, sudah ada yang dapat dipetik hasilnya. Selanjutnya setiap 3 hari kita dapat memetik lagi hasilnya. Begitulah seterusnya dapat dipetik hasilnya sampai kira-kira 50 hari hasil petikan.

2 comments:

Designed By Ayo Bertanam